Welcome

Berawal dari ketiadaan, kita berpikir dan belajar untuk menciptakan. Membuat segala sesuatunya menjadi lebih baik, lebih berarti dan lebih bermanfaat. "Mari berbagi manfaat" #Give thank to Allah, the Creator of all things.

Tuesday, April 18, 2023

Refleksi Sebaik Baik Manusia

Pernah suatu ketika Rasulullah ditanya oleh para sahabat, Wahai Rasulullah manakah di antara kawan-kawan kami yang terbaik?”

Beliau menjawab,

“Seseorang yang dengan melihatnya mengingatkan kalian kepada Allah, Dengan perkataannya bertambah amal kebaikan kalian, Dan amal-amalnya mengingatkan kalian kepada akhirat,” (HR. Imam Abu Ya’la)

Rasulullah bersabda, "Yang terbaik di antara kalian adalah orang yang selalu diharap-harapkan kebaikannya, dan orang lain merasa aman dari keburukannya. Sedangkan orang yang paling buruk di antara kalian adalah orang yang tidak diharapkan ada kebaikan padanya, dan orang lain tidak aman dari keburukannya.” (HR. Imam at-Tirmidzi)

"Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari al-Quran dan mengajarkannya." (HR. Bukhari no. 5027).


"Sesungguhnya sebaik-baik orang di antara kalian adalah yang paling baik akhlaknya.” (HR. Bukhari no. 6035).


“Sebaik-baik kalian adalah orang yang paling baik terhadap keluarganya.” (HR. At-Tirmidziy no. 3895).


“Maka sebaik-baik orang di antara kalian di masa Jahiliyyah adalah yang paling dalam  Islamnya apabila mereka memahami (ajaran Islam).” (HR. Bukhari no. 3374).


“Maka sebaik-baik orang di antara kalian di masa Jahiliyyah adalah yang paling dalam  Islamnya apabila mereka memahami (ajaran Islam).” (HR. Bukhari no. 3374).


"Sebaik-baik orang di antara kalian adalah orang yang memberikan makanan dan menjawab salam.” (HR. Ahmad 6/16).


"Sebaik-baik orang di antara kalian adalah yang mempunyai bahu paling lembut di dalam shalat.” (HR. Abu Daawud no. 672).


"Sebaik-baik orang di antara kalian adalah yang paling panjang usianya dan paling baik amalannya.” (HR. Ahmad 2/235 & 2/403).


"Mereka adalah para hamba pilihan di sisi Allah pada hari Kiamat, yaitu orang-orang yang menepati janji dan berbuat baik.” (HR. Ahmad 6/268).


"Sebaik-baik kalian adalah yang paling baik dalam membayar hutang.” Muttafaqun ‘alaih


"Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia” (HR. Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni. Hadits ini dihasankan oleh al-Albani di dalam Shahihul Jami’ no:3289


“Jika kalian berbuat baik, sesungguhnya kalian berbuat baik bagi diri kalian sendiri” (QS. Al-Isra:7)


Orang yang dicintai Allah salah satunya adalah orang yang bersabar. 


“Dan bersabarlah kamu bersama dengan orang-orang yang menyeru Rabbnya di pagi dan senja dengan mengharap Ridha-Nya. Dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka karena mengharapkan perhiasan kehidupan dunia ini. Dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingat Kami, serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas,” (QS. Al-Kahfi: 28).

Bagi orang muslim menjadi orang baik yang dicintai Allah merupakan keharusan. Mendapat ridho Allah dalam segala hal adalah segalanya. Ridho Allah tidak tergangikan oleh apapun di dunia. 

Semua adalah pilihan. Termasuk hidup ini juga pilihan. Semua ada di tangan kita; dengan cara apa kita mau menjadi ‘Sebaik-baik Manusia’.  kita mau menjadi sebaik-baik manusia dengan cara mengamalkan ibadah dan amal apa, semua sekali lagi tergantung pada kita, menjadi sebaik-baik manusia bukan hanya di mata manusia, tapi lebih dari itu menjadi sebaik-baik manusia di mata Allah dan Nabi-Nya, Baik Terang Terangan maupun sembunyi-sembunyi. Bersabarlah dan Jangan berhenti Berbuat baik, apapun itu, sesederhana apapun, lakukanlah semampumu, sebisamu,  wallahua’lam.  

Bisa jadi kita bukan orang yang berpengaruh. Bisa jadi diantara kita berpendidikan rendah, bahkan berekonomi lemah dan tak banyak pengikut serta pengaruh. Namun, ketika kita bisa memberi banyak manfaat dan kebaikan bagi orang lain, maka semoga di Ramadhan ini Insya Allah kita termasuk dalam kelompok sebaik-baik manusia. Kelompok yang Allah cintai dan Allah ridhoi. Aamiin

~Tugas resume jadilah sebaik baik manusia~

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih telah membaca,

Semoga perjumpaan kali ini berkesan di hati sahabat-sahabat sekalian, silahkan diambil manfaatnya, serta dibawa pulang oleh-oleh pelajaran dan ilmunya. :)

Jika ingin meninggalkan jejak dan ingin mengirimkan komentar, Silahkan isi kotak komentar di bawah ini...

Mario Teguh's Quotes

Quotes

Blogger Jogja

Traffic Exchange

EasyHits4U.com - Your Free Traffic Exchange - 1:1 Exchange Ratio, 5-Tier Referral Program. FREE Advertising!

Wibiya provides a web toolbar that enables blogs and websites to integrate the most exciting services and web applications into their blog or website.